Sebab Medis Bayi Sering Terbangun di Malam Hari

June 28, 2008 at 9:39 am 14 comments

disunting dari Dr.Sears (http://www.askdrsears.com)

Pendekatan cry-it-out (membiarkan bayi menangis) untuk membuat bayi tidur lebih lama akhirnya membuat dokter dan orangtua menganggap bayi yang bangun di malam hari otomatis mempunyai kebiasaan tidur buruk, padahal bisa saja bayi terbangun karena kesakitan yang tak terdeteksi. Curigailah bahwa terdapat alasan medis di balik seringnya bayi anda terbangun di malam hari, bila :
-bayi terbangun dengan sakit perut bertipe kolik
-bayi ‘penidur’ tiba-tiba menjadi bayi yang tidurnya gelisah
-terdapat tanda-tanda lain atau gejala penyakit
-bayi menangis terus tanpa bisa ditenangkan
-intuisi anda mengatakan ada sesuatu yang salah
-tidak ada sebab lain yang jelas

Ini adalah sebab-sebab penyakit umum dari bangun malam yang biasanya tersembunyi karena tidak terlalu kelihatan seperti infeksi telinga, tumbuh gigi, atau infeksi sistem kencing.

1.Gastroesophageal reflux (GER) — ketika bayi berbaring telentang, asam lambung yang menyebabkan iritasi dikeluarkan dalamesophagus, menyebabkan yang sering disebut “heartburn.” Sebutkan kemungkinan ini pada dokter anda, karena GER dapat sukses ditangani dengan memberikan makanan lebih sering dalam porsi kecil, memiringkan tempat tidur bayi 30 derajat, dan pengobatan.

2. Alergi makanan — seperti alergi pada susu formula atau susu sapi yang diminum ibu menyusui. Dugalah hal ini apabila bayi gelisah sepanjang malam dan sering (maaf) kentut.

3. Infeksi Telinga — Bila bayi mengeluarkan cairan kuning dari hidung dan/atau matanya.

4. Cacing Kerawit (Pinworm) — Bila balita atau anak yang lebih besar bangun dengan tanda goresan disekitar anus, anggota keluarga lain sedang cacingan, atau anda melihat pita putih kecil mirip cacing disekitar anus bayi atau di pergerakan perutnya di malam hari.

Bayi yang sering terbangun karena sebab medis mungkin juga menderita kolik dan gelisah sepanjang hari, tetapi tidak selalu. Jika anda menduga terdapat sebab medis, teruslah menyelidiki bersama dokter anda sebagai partner, sampai ditemukan penyebab dan pengobatannya.

Entry filed under: pola tidur. Tags: , , , , .

lanjutan : usaha langsing setelah melahirkan 2 review toko bayi sekitar cibubur

14 Comments Add your own

  • 1. yanthie  |  March 2, 2009 at 4:13 am

    anak saya masih 2 bulan tapi sudah di beri pisang kepok, yang saya tanyakan disini apakah bayi dengan umur 2 bulan apa boleh di beri makan ? kalau tidak boleh apa ada akibatnya nanti ? sebelumnya terima kasih

    Reply
    • 2. Daddy  |  April 28, 2009 at 1:44 am

      Waduh waduh..belum waktunya mbak..kasian anaknya. lambungnya harus bekerja keras. Standar diberi makanan padat pada umur 6 bulan.Jangan takut bayi kelaparan, karena memang kebutuhan nutrisi s/d umur 6 bulan cukup dari ASI.

      Reply
  • 3. arjip  |  March 10, 2009 at 8:04 am

    silakan buat rekan-rekan singgah di blog saya di

    http://arjip.wordpress.com

    thanks

    Reply
  • 4. Ny sawor  |  June 20, 2009 at 7:45 pm

    Siapa bisa kash pencerahan. Bayiku usianya 27 hari punya benjolan kecil sbelah kiri dirahangnya. Sbesar klereng dan keras.

    Reply
  • 5. nita  |  July 17, 2009 at 7:11 am

    anak saya usia 5 bulan 1 mggu,gak ASI tapi susu formula,dia msh sering bangun malam hari,apa karena msh lapar atau karna ada yg gak beras dengan anak saya,soalnya dia blon d kasih makanan tambahan,apa terlambat saya ngasih makanan tambahannya,tolong dong dkash masukannya.trmksh

    Reply
    • 6. agen duren  |  August 14, 2009 at 8:53 am

      aduh bu… bayi usia 6 bln jgn di kasih susu formula donk. kasian tuh usus by yg msh lunak. asi adlh nutrisi buatan TUHAN yg plg sempurna. jd bri ja asi. tp kl dah terlanjur, baiknya ibu hrs memberikan susu tsb pd saat dia terbangun. jgn bnyak2x, ckp 1/2 takaran anjuran dan suapi bayi ibu dgn menggunakan sendok makan. kalo dia dah usia 6+, brkan makanan pendamping ASI buatan sendiri dan jgn buatan pabrik. jd kita merasakan btp indahnya menjadi ibu. cb konsul dgn ahli gizi ditempat ibu tinggal atau bidan..

      Reply
  • 7. ika  |  June 28, 2010 at 1:11 am

    baby saya udah 6 bulan 3 minggu..kalau malam biasa tidur antara jam 7 or 8 malam..akhir2 ini kok tidurnya makin malem ya..trus kalau malam selalu bangun 3 kali dengan rentang tiap 3 jam..setelah dinenenin meski sebentar tidur lagi.ini udah berlangsung mulai umur 3 bln sampai sekarang.wajarkah??oia gerakan baby ku lincah banget apa ini buat bbnya kurang ya?skrg udah 6,8 kg..masih ongkong2 n mundur2 aja blom duduk n merangkak..pusing deh..gmn bikin gemuk yaa kalo lincah banget kaya gini..pdhl sehari makan 3-4 kali plus ASI..tolong masukannya yaa..thx bangeeet ^^

    Reply
  • 8. nana  |  September 3, 2010 at 1:53 am

    bayi sya skrg udh 6.5 bulan sejak lahir tidurnya ga pules sampe skrg ..tiap 1 jam pasti bangun sambil nangis..knp ya apa krn sejak lair dia minum susu formula? ibunya jd begadadang trus ni..

    Reply
  • 9. eka  |  October 15, 2010 at 2:45 pm

    kl anak aq sering jg bangun waktu tidur malam, dulu 3 bln kebawah hampir 1 jam sekali dia bangun, entah haus, ataw sekedar pipis (krn gk pakai pempers). Sekarang umurnya dh masuk 5 bln, bangun di tengah malam sdh berkurang tp… yg gk tahan kl dh bangun susah banget tdr lg, maunya ditemani main.Alhasil begadang trus ni papa & mamanya.

    Reply
  • 10. nana ft jassy  |  February 9, 2011 at 3:04 am

    anaku sekarang menginjak usia 9 bulan, sudah 2 minggu ini sering bagun malam, baru tidur lagi menjelang jam 3 pagi,… apakah karena faktor mau tumbuh gigi juga ya,,,? biasanya sih tidurnya pulas banget,…

    Reply
  • 11. ririn  |  February 16, 2011 at 3:47 am

    halo, mo bertanya,
    bayi saya sekarang umur 11 bulan, beratnya 7 kg, terlihat sangat kurus, beberapa bulan terakhir bb tetap dan bahkan turun walau sedikit, makannya agak sulit tetapi tetap masuk dan kadang bila dia suka bisa makan banyak, dia minum asi tiap hari dan ketika saya bekerja minum susu formula. saya perhatikan berat badan anak saya tidak bisa naik ketika umur 7 – 8 bulanan, ketika itu dia pernah menderita diare beberapa kali, sehingga beratnya turun, setelah itu beratnya susah naik, dan bertahan di angka 7. sekarang bab nya sudah biasa. tetapi kadang ada sayur yang tidak diserap/masih utuh. pertanyaan:
    1. apa anak saya mengalami masalah pada pencernaannya ?
    2. kenapa bb tidak bisa naik padahal makan dan minumnya mau?
    3. apa yang harus dlakukan agar anak saya bb tidak turun dan bisa naik?
    terima kasih atas jawabannya.. mohon untuk dibalas..

    Reply
  • 12. Anonymous  |  September 19, 2011 at 7:57 am

    mau tanya dwong..
    bayi ku baru 2 bulan . waktu baru lahir giginya dah tumbuh 2…..yang jd masalah aku pingin kasih asi eksklusif ga bisa……..karna asi ku sedikit dan karna sudah ada giginya puting ku lecet parah .trus apa yang harus q lakukan biar aku bisa beri asi eksklusf……………..?

    Reply
  • 13. mama irfan  |  September 19, 2011 at 8:02 am

    mau tanya dwong
    bayi ku baru 2 bulan.waktu baru lahir giginya sudah tumbuh 2…yang jadi masalah aku pingin kasih asi eksklusif ga bisa… karna asi ku sedikit dan karna sudah punya gigi jadi puting ku lecet parah ,tru pa yang harus aku lakukan agar bisa beri asi ekslusif

    Reply
  • 14. Naysa bilqis ghania amalizqi  |  December 29, 2012 at 1:36 am

    Bayi sy sekrg umur 53hr tp dr umur 10hr tepatny setlh diopnam krn kuning ko kentut trs mn bau jg menggeliat trs kl ga tdr,mknya jd gumoh trs tiap hbs nyusu sm kl lg menggeliat,knp ya,sebabnya krn apa ya..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


[url=http://www.meez.com/dayutiwi][img]http: src="http://images.meez.com/user/4/7/7/2/7/3/6/4772736_bodyshot_175x233.gif" alt="Meez 3D avatar avatars games" border="0" /> Gelang, Kalung, Anting, Tas, SandalGelang, Kalung, Anting, Tas, Sandal, Baju, Dll, Bali, Indonesia lirik, kord, gitar, chord, forum, musik, indonesia, mancanegaraTempat Lirik, Kunci Gitar / Kord / Chord Lagu / Musik Indonesia dan Mancanegara

Recent Readers

View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile View My Profile
Mom Blogs - Blog Catalog Blog Directory
June 2008
M T W T F S S
« May   Jul »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Categories

gus ata

senyum happy

More Photos

Blog Stats

  • 86,566 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: